Hanya Dalam 20 Jam Netizen Mengumpulkan 100 Juta Lebih, Sumbang Aleppo

0

100-juta-untuk-aleppo

Seorang Netizen melalui akun facebook menggalang dana untuk solidaritas umat islam di Aleppo Suriah. Dengan akun Facebook pribadinya netizen yang bernama Andre Aditya ini mengajak  pengguna facebook lainnya khususnya umat islam  untuk bersama ikut dalam “GERAKAN 100 JUTA UNTUK ALEPPO”

Subhanallah, Dalam waktu kurang dari 24 jam, dana tersebut telah tekumpul 100 juta lebih. Dana itu ia kumpulkan dalam rekening pribadinya, dan setelah itu rencananya akan di berikan ke Lembaga resmi ACT untuk kemudian di salurkan ke Aleppo.

Andre tidak menyangka dengan waktu yang relatif singkat target tersebut tercapai. Bahkan andre pernah berucap tidak akan membuat status facebook sebelum dana tersebut bisa terkumpul, biarkan itu menjadi status terakhirnya” kata Andre.

Berikut penuturan beliau saat penggalangan dana  100 juta lebih dari netizen facebook. Yang hanya membutuhkan waktu 2o jam.

Bismilllahirrahmanirahiim..
Kawan-kawan yg dirahmati Allah. Kemarin saya membuat status dengan judul “SAYA IKHLAS JIKA INI HARUS JADI STATUS TERAKHIR SAYA” yg isinya, adalah sebuah ajakan untuk sama-sama membantu saudara kita di Aleppo, suriah. Targetnya terkumpul 100Juta rupiah.

Jika tidak tercapai, maka saya akan terus menunggu sampai angka itu tercapai dan janji tidak akan Facebookan sebelum niat itu terwujud.

Tapi ternyata Allah tak membiarkan saya menunggu terlalu lama.. Hanya dalam waktu kurang lebih 20jam sejak status tersebut saya buat. Target 100Juta pun terpenuhi. Dan sekarang, seperti yg bisa kawan-kawan lihat. Saya bisa FB-an lagi.

Menariknya, selama proses. Tak sedikit yg menuduh ini itu. Mulai dari menuduh untuk kekayaan sendiri, memanfaatkan kesempatan dan lain-lain. Untuk itu, saya akan ceritakan di status ini saja semuanya. Termasuk pertanyaan-pertanyaan yg beredar.

Dan sekarang saya akan sampaikan banyak hal terkait tindakan saya kemarin.

1. KENAPA PAKAI REKENING PRIBADI?
Sebelumnya, saya juga sering memposting ajakan kemanusiaan dari lembaga-lembaga lain utk berbagai kegiatan bantuan bencana atau bantuan daerah konflik. Namun kekurangannya, saya tak pernah bisa tahu seberapa besar dampak ajakan saya. Karena itulah, saya memutuskan untuk menggunakan rekening pribadi. Selain agar saya bisa memantau sendiri dampak ajakan saya. Sayang ingin secara emosional membangun ikatan kebersamaan dengan seluruh Friends dan followers saya di FB, dan saya ingin menunjukan bahwa kita bisa berbuat something BIG kalau bersama-sama.

So, bukan untuk mengayakan diri sendiri seperti yg ditudingkan beberapa akun. Karena sejak saya kenal rahasia #RezekiLevel9 insyaallah masalah harta tak lagi jadi kekhawatiran saya karena Allah yg menjaminnya.

2. LATAR BELAKANG
Saya merasa, pengaruh dan kemuliaan yg Allah berikan ke saya haruslah saya gunakan untuk kebaikan. Tapi tidak semua ajakan baik itu disambut. Karena itulah, saya menggunakan metode “Menyakiti Diri Sendiri”. Kawan-kawan tentu tahu bahwa Facebook adalah salah satu tempat saya berkarya dan berbagi. Jika itu yg saya pertaruhkan, maka tentu kawan-kawan akan menangkap pesan “SAYA SERIUS” atas hal ini. Dan keseriusan membuat orang lebih yakin dan percaya. Terbukti, 100Juta pun tembus.

3. AKAN DISALURKAN KEMANA?
Ini pertanyaan yg pasti banyak muncul. Kawan-kawan, kondisi saat ini belum memungkinkan saya berjalan sendiri ke suriah (meskipun sangat ingin jika Allah ijinkan). Karena itulah, saya akan bekerjasama dengan lembaga resmi ACT dalam hal ini, dengan beberapa kondisi khusus. Saya meminta agar ini bisa diarahkan ke tempat yg langsung terasa dampaknya. Saya sudah kontak dengan Pak Ibnu Khajar, vice president ACT. Beliau kawan baik saya. Dan beliau mengenal saya. So, kalau khawatir saya tidak amanah. Tinggal tanya saja beliau apakah bantuan ini sudah saya kirim atau belum. (screen shoot terlampir)

Kenapa nggak langsung saja? Ada di nomer 1 alasannya.

4. DILUAR NALAR
Tercatat di tempat saya, hanya sekitar 216 (posisi terakhir) donatur yg melaporkan donasinya. Tapi angkanya bisa tembus 100juta. Padahal, report yg saya terima tidak banyak yg menyumbang dalam angka jutaan. Tapi kok bisa nyampek ya..??? Ini bikin saya takjub. Betapa ternyata banyak sekali hamba Allah yg senang bersembunyi dari kemuliaan dunia, agar ia bisa bersinar di surga. Masyaallah..

Mereka tak banyak bicara, tapi harta berlimpah. Mereka tak berburuk sangka apalagi memfitnah. Mereka diam tapi terus sedekah. Bukan yg diam-diam tak mau sedekah.

5. HATI-HATI INI POLITIK
Ada juga yg menasihati saya agar gak gegabah bikin aksi ini,.karena ini politik. Bukan perang agama. Jangan percaya media.

Astaghfirullah… Sudahlah..
Anggaplah teori antum benar. Tapi apakah lantas kita diam saat anak-anak bersimbah darah, kehilangan orang tua dan tempat tinggalnya. Lupakan semua isu yg kita sama-sama tak tahu persis kebenarannya itu. Sekarang bukan cuma masalah agama. Tapi masalah kemanusiaan. Itu saja.

6. MENGGETARKAN HATI
Ada satu dua kejadian yg bikin saya merinding.. Salah satunya, ada seorang kawan yg meminta saya untuk tidak menutup dulu kesempatan ini karena ingin ikutan. Bahkan beliau berkenan menjual kalung peninggalan ibunya. Ada yg minta sampai senin karena baru gajian, ada yg minta dikasih waktu karena sebagai TKI tak leluasa untuk transfer sekarang juga..
Masyaallah,.
Tegakah saya tidak menyalurkan amanah seperti ini??

7. HUJAN MAAF
Saya yg minta bantuan, tapi malah banyak yg minta maaf..
“Maaf ustadz, maaf mas, saya hanya bisa ikut sedikit,.”
Masyaallah,. Tambah malu saya..

Kawan-kawan,. Dengan ini saya menjawab. Antum semua nggak ada yg donasi sedikit. Semuanya donasi yg besar di mata Allah dan dicatatan para malaikat. Bahkan saya bersedia jika kelak harus menjadi saksi antum semua di yaumul hisab bahwa siapapun yg ikut membantu, baik yg donasi maupun yg sekedar share. Adalah orang-orang baik yg pernah berbuat baik untuk meringankan beban saudaranya. Dan semoga itu memberatkan timbangan kebaikan kita.

8. TERUS BERTAMBAH
Bahkan, sampai status ini saya tulis.. Masih banyak yg mengirimkan bantuannya. So, jika kemarin ada yg berkata, “100 juta buat apa? Nggak kekecilan?”

Saudaraku, ini bukan lagi tentang angka. Tapi tentang PEOPLE POWER, kekuatan kebersamaan. Kekuatan kepedulian manusia. Dari 100juta inilah akan muncul milyaran rupiah berikutnya yg akan mengalir ke Gaza, Rohingnya, Suriah, Irak, Uighur dan dimanapun dimana bumi Allah dibanjiri darah. Dan yang paling penting, saya sekarang tahu, saya bukanlah orang yg sendirian memikirkan nasib saudara-saudara saya di daerah konflik.

Dan inilah hasilnya,,
Terima kasih untuk Anda semua. Kawal saya agar amanah ini tertuntaskan.

Nb: yang masih mau menyumbang, kami tunggu sampai senin sore. Insyaallah.

Berita Terkait

Advertisements