Membuat Berita Acara Serah Terima On Time

0
Berita Acara Serah Terima
Berita Acara Serah Terima

Bagi anda yang menggeluti pekerjaan dalam bidang jasa mungkin anda pernah membuat semacam document BAST (Berita Acara Serah Terima), sesuai dengan singkatanya BAST adalah berita acara serah terima yang di dalamnya berisi semua document pekerjaan dan lampiran-lampirannya  yang di tanda tangani oleh kedua belah pihak,  pada dasarnya BAST dapat di lakukan setelah semua dokument pendukung dan pelaksaanan pekerjaan sudah selesai di kerjakan, nah adakalanya antara waktu pekerjaan dan  jadwal pelaksanaan terkadang tidak sesuai dengan sechedule yang telah di rencanakan, sehingga BAST tidak bisa di lakukan tepat waktu dengan target yang telah di tentukan atau molor, hal semacam ini akan berpengaruh dan berdampak pada costumer selaku pemakai  jasa kita, selain itu kita sendiri sebagai penyedia jasa juga akan menerima dampaknya, sebagai costumer , mereka akan merasa di rugikan karena ketidaktepatan waktu yang telah di sepakati bersama, kita sebagai penyedia jasa juga akan mengalami kerugian dari segi efisensi waktu, tenaga dan materi, apabila dokument BAST sebagai syarat untuk pencairan PO tentunya ini akan berpengaruh pada keuangan perusahaan, karena dari sisi sumber pemasukan perusahaan akan terganggu yang bisa berimbas kepada yang lain. Biasanya sudah ada kesepakatan bersama tentang waktu pelaksanaan, apabila sebuah pekerjaan itu memerlukan waktu pengerjaan sampai final selama satu bulan, biasanya BAST di lakukan pada rentang waktu , awal bulan sampai sebelum tanggal 20 bulan berikutnya, contoh sebuah pekerjaan memerlukan waktu satu bulan, pengerjaan, pekerjaan di lakukan bulan Juni, maka BAST bisa di lakukan tanggal 1 juli sampai tanggal 20 juli.

Lantas apasaja yang perlu di lakukan supaya BAST (Berita Acara Serah Terima) tepat waktu? sebagai catatan yang di bahas dalam tulisan ini adalah BAST yang berkaitan dengan jasa perawatan Tower sebuah perusahaan telekomunikasi , tiap perusahaan mempunyai aturan kebijakan yang berbeda beda, berikut langkah – langkah yang di lakukan.

  1. Pelajari apasaja semua document dan lampiran pendukungnya yang di berikan oleh costumer, ini penting pada saat nanti kita melakukan BAST dengan Costumer, apabila dalam satu berkas itu ada salah satu document yang tidak ada, saya yakin akan di coret, dokumen anda akan di kembalikan.
  2. Evaluasi  pekerjaan anda apabila sudah mencapai dari setengah waktu yang telah di tentukan, sebagai tolok ukur pencapaian, faktor apa saja yang menghambat pekerjaan untuk kemudian bisa di minimalisir dan di cari solusinya, apabila pekerjaan anda sudah mencapai prosentase 50 % lebih, maka ini pertanda BAST anda akan tepat waktu, tapi apabila belum maka harus kerja keras untuk mencapainya.
  3. Segera buat dokument yang bisa di lakukan setelah pekerjaan di lapangan selesai ,jangan menundanya, karena itu hanya akan membebani di akhir bulan.
  4. Terakhir hal yang paling penting adalah setelah semua pekerjaan dan dokument selesai, selanjutnya adalah pembuatan Dokument BAST, check kembali secara detail dokument BAST yang telah anda buat, jangan sampai hanya karena kesalahan kecil (penulisan tanggal atau jumlah yang salah  anda harus merevisinya,  kalau belum di tanda tangan pejabat terkait tentu tidak masalah yang memalukan adalah ketika sudah di tanda tangan anda harus merevisinya, tentu akan memalukan.

Setelah semua langkah di atas anda lakukan, segera serahkan dokument BAST ke costumer anda, mereka yang akan mengecheck semuanya, yang pernah saya alami pengecheckanya sangat detail perkata dan perkalimat, kalau sampai salah satu kata saja,  maka document BAST yang anda buat akan dikembalikan untuk di revisions, sampai semuanya benar dan tanda tangan dari pejabat terkait, apabila semua sudah oke kita tinggal mencairkan PO pekerjaan kita. Menurut saya tidak ada yang sulit dalam pembuatan Berita Acara Serah Terima, yang di perlukan adalah ketelitian anda sebagai pembuat dokument, demikian semoga berguna.

Advertisements
BAGIKAN

LEAVE A REPLY