Cara Kompres File PDF menjadi lebih kecil

PDF adalah singkatan dari (Portable Document Format) , sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems dimulai pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

File PDF sudah sangat familiar saat ini, berbagai electronic book/ebook menggunakan format pdf, jika anda pernah membeli ebook tentang sebuah tutorial dan sebagainya biasanya menggunakan format pdf.

hal ini tak lepas dari sifatnya yang fleksibel bisa di akses di berbagai pc dan laptop atau hp tanpa mengalami perubahan. Berbeda dengan file yang berbasis Office, jika file tersebut di buka di versi microsoft office yang berbeda biasanya mengalami perubahan atau crash.

Dari segi keamanan juga lebih terjamin, dalam file PDF juga bisa disisipkan password ketika akan membukanya, sehingga rahasia file tetap terjaga, karena tak semua orang bisa membuka dan mengaksesnya tanpa tahu password di dalam file tersebut.

Pengalaman saya ketika kerja di back office beberapa waktu lalu untuk mengirim berkas semisal perjanjian kerja antara vendor dengan supllier , Purchase Order/PO juga menggunakan format PDF. karena memang dari segi keamanan lebih terjamin dan tidak bisa di edit.

kembali lagi ketopik diatas tentang Cara Kompres File PDF menjadi lebih kecil. Bagi anda yang berhubungan dengan email atau surel untuk berkomunikasi dengan orang lain atau rekan kerja akan menjadi masalah ketika akan mengirim file dengan ukuran yang besar, karena pada gmail ukuran file yang akan di kirim di batasi maksimal 25 MB, sedangkan email personal yang menggunakan domain perusahaan sendiri tentu lebih kecil lagi size yang di berikan kecuali anda sebagai Project Manager yang mempunyai previllege.

Langkah Cara Kompres File PDF menjadi lebih kecil.

Cara yang Saya Coba adalah menggunakan media online dalam melakukan kompres file pdf kali ini, karena terbukti file yang tadinya berukuran sekitar 7 MB berkurang menjadi sekitar 2 MB, hanya saja anda harus terkoneksi dengan internet karena harus melakukan proses upload dan Download. Ok langsung saja.

  1. Kunjungi https://smallpdf.com/id
  2. pilih mengkompres pdf
  3. pilih file yang akan di kompres dari pc atau laptop anda
    Cara Kompres File PDF menjadi lebih kecil
    Cara Kompres File PDF menjadi lebih kecil

     

  4. tunggu proses upload sampai selesai
  5. Ketika proses kompress sudah selesai, unduh filenya

    proses sudah selesai dan cara ini sangat mudah, file yang tadinya berukuran 7 MB berkurang size menjadi 2 MB. silahkan anda coba , semoga postingan ini bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.