Cara Menghitung Zakat Penghasilan Terbaru

Cara Menghitung Zakat Penghasilan Terbaru

Zakat penghasilan adalah zakat yang di kenakan pada setiap pekerjaan atau keahlian seseorang baik yang di kerjakan sendiri maupun yang melibatkan orang atau lembaga, aktivitas tersebut mendatangkan penghasilan yang halal dan mencapai batas minimum untuk wajib zakat.

Di dalam prinsip mengelola keuangan, agama Islam menempatkan membayar zakat merupakan prioritas kedua setelah kewajiban membayar hutang.

Manfaat membayar zakat penghasilan

Secara umum zakat memiliki manfaat yang sangat banyak bagi seseorang maupun orang lain dan kehidupan bermasyarakat.

  1. Menyempurnakan keislaman seorang hamba

  2. Menunjukan benarnya iman seseorang
  3. Membuat keimanan seseorang menjadi sempurna
  4. Menjadikan sebab masuk surga
  5. Menjadikan masyarakat islam seperti keluarga besar
  6. Memadamkan kemaran orang miskin
  7. Menghalangi berbagai bentuk pencurian pemaksaan perampasan
  8. Menyelamatkan seseorang dari panasnya hari kiamat
  9. seseorang akan lebih mengenal hukum Allah
  10. menambah harta
  11. Merupakan sebab turunya banyak kebaikan
  12. Zakat akan meredam murka Allah
  13. Dosa akan terampuni

Cara Menghitung zakat penghasilan terbaru

Nisab zakat penghasilan adalah jika pendapatan seseorang dalam satu tahun setara dengan 85 gram emas, jika harga emas saat ini Rp.580.000/gram makan nisabnya adalah 85 x 580.000 =Rp 49.300.000

contoh : Nisab zakat profesi adalah Rp 49.300.000 , Pak ahmad mempunyai penghasilan 4.500.000 perbulan, di  Total pendapatan pak Ahmad dalam satu tahun adalah 54.000.000. Harta tersebut sudah melebihi nisab dan wajib di keluarkan zakatnya, Sehingga total zakat yang di keluarkan pak Ahmad dalam satu tahun adalah, 54.000.000 x 2.5 %=1.350.000 pertahun.

Mengingat banyaknya manfaat yang di dapat dari menunaikan zakat ini, setidaknya menjadi motivasi kita dalam menjalankan perintah agama khususnya membayar zakat.

Cara Menghitung zakat Tabungan

Nisab zakat tabungan perhitungannya sama dengan zakat penghasilan atau profesi yakni 85 gram emas dan berjalan selama satu tahun. Hanya saja jika tabungan tersebut di simpan dalam bank yang menghasilkan bunga bank, Ulama kontemporer memberikan pendapat bahwa bagi hasil berupa bunga tidak bisa di keluarkan zakatnya.

Para ulama sepakat bahwa bunga bank adalah harta riba yang di haramkan dalam islam. Oleh karena itu pendapat ulama harta haram tidak sah di keluarkan zakatnya. Bunga bank saat ini sama kedudukannya dengan harta haram yang di peroleh dengan jalan haram seperti mencuri korupsi dan lain sebagainya.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.