LCD Laptop Rusak atau Bergaris, Jangan Ganti Cek dulu Kabel ini

Bila tiba tiba LCD Laptop rusak atau bergaris, screen putih dan lain sebagainya jangan panik dulu. Karena masalahnya belum tentu pada LCD nya bisa karena kabel penghubung dengan hardware ke LCD yang biasanya di sebut kabel Flexi.

berkaitan dengan ini saya punya pengalaman yang cukup menarik sekaligus membuat panik  yang terjadi pada laptop kesayangan saya. Saya menggunakan Laptop Lenovo Thinkpad Edge E420. Tanpa sengaja laptop pada kondisi nyala ketendang dan membentur ubin hingga layar screen menjadi putih dan keypad terlepas.

Akibat benturan yang cukup keras, LCD yang tadinya normal menjadi putih bergaris berubah menjadi buram dan blank. Cukup panik juga awalnya, coba saya nyalakan berulang kali hasilnya tetap sama LCD berupa screen putih kemudian berubah menjadi gelap.

Yang membuat saya tambah panik adalah ketika melihat harga LCD laptop sesuai dengan tipe laptop saya sekitar Rp.900.000. Uang segitu bisa untuk sewa domain dan Hosting setahun.wkwkw

LCD Laptop Rusak atau Bergaris

Sengaja browsing di Youtube adanya cara ngganti LCD  tok, Akhirnya dengan tekad yang kuat saya beranikan bongkar dengan setengah nekad. Bongkarnya buru-buru karena laptop akan di pakai sementara untuk kerja.

Setelah mengikuti panduan cara ganti LCD, saya mulai membongkar bagian layar atau LCD, lumayan susah  juga sih, karena sebelumnya laptop tidak pernah di bongkar.

Akhirnya bisa juga di bongkar, di bagian belakang LCD ada semacam kabel yang menghubungkan dari perangkat ke LCD dengan terminal pin berupa logam tipis. Saya coba gerak-gerakan pada terminal tersebut beberapa kali sambil di tekan secara pelan.

Masih dalam kondisi terbongkar laptop coba saya nyalakan.. akhirnya penampakan muncul,, jreng-jreng, LCD kembali normal, dari sini terpecahkan walau laptop tersebut kena benturan cukup keras hingga menyebabkan monitor blank. Masalahnya bukan pada LCD tapi pada kabel penghubung atau kabel Flexy dari perangkat ke LCD.

Akhirnya lega.. tidak jadi keluar duit buat beli LCD baru,,  Jika anda punya kasus yang sama jangan panik silahkan di coba tips di atas

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.