Lorenzo Podium Pertama Di Race MotoGP Valencia

hasil_race_motogp_valencia_2016

Race luar biasa terjadi pada pertunjukan balap MotoGP Valencia. Balapan seri pamungkas motoGP pada musim ini berlangsung menegangkan. Terlebih pada grid kedua yang terjadi battle 3 pembalap  dari pabrikan berbeda, Rossi, Iannone dan Marquez. Selepas start Lorenzo langsung memimpin balapan tanpa ada halangan yang berarti.

Namun di barisan kedua sudah berlangsung adu salip, antar 3 pembalap.  Iannone , Rossi dan Marquez. Rossi memanfaatkan kecepatan di tikungan untuk menyalip Iannone sedangkan Marquez masih menempel di posisi ke empat.  Iannone memanfaatkan keunggulan top speed Ducati pada lintasan lurus untuk mencundangi Rossi dan Marquez.

Lorenzo yang memimpin balapan,. sudah tak terkejar oleh para rival, bahkan gap dirinya dengan posisi kedua semakin jauh . Di barisan kedua  Rossi, Iannone dan Marquez , ketiganya terlibat battle untuk memperebutkan posisi kedua. Pertunjukan adu salip terjadi antara ketiga rider ini,  seolah ingin mengulangi kembali apa yang terjadi di Philip Island musim 2015.  kemampuan motor yang cenderung sama semakin membuat pertunjukan ini seru, karena ketiganya terpaut gap sangat tipis sekali. Hanya Ducati yang mempunyai power dahsyat saat di lintasan lurus. Hal ini di tunjukan oleh Iannone saat menyalip Rossi maupun marquez.

Perebutan posisi kedua berlangsung sampai lap ke 19. Pada lap ini Marquez berhasil memperdaya Rossi dan Iannone, mempunyai race pace bagus. marquez semakin memperlebar jarak, selanjutnya Marquez tak terkejar oleh keduanya hingga balapan selesai.  Marquez semakin memperpendek jarak dengan lorenzo. Gap Lorenzo yang sedianya berjarak 4 detik lebih,  pelan namun  pasti, sedikit demi sedikit gap terpangkas hingga menyisakan 1 detik point 185 di akhir balapan.

Dugaan saya akan tersaji aksi salip antara Marquez dan Lorenzo di lap – lap terakhir. Namun itu tidak terjadi  sampai balapan selesai,   last lap Marquez gagal menyalip lorenzo. Sebenarnya Setelah lepas dari Rossi dan Iannone, Marquez membalap seperti kesetanan, Lorenzo yang berjarak 4 detik lebih berhasil di pangkasnya  hingga menyisakan 1 detik lebih sekian .

Lorenzo mengakhiri kerjasamanya dengan Yamaha dengan cara manis mempersembahkan podium pertama untuk pabrikan Garputala. Dengan selesainya musim 2016  ini Honda meraih dua  titel juara, Juara Dunia MotoGP dengan raihan point 298.  dan Konstruktor atau pabrikan dengan 369 point, sedangkan Yamaha berhasil mejnjadi juara team motoGP dengan 482 point.

Penghargaan BMW award sudah pasti akan di terima Marc Marquez yang menyabet pole position terbanyak selama musim 2016 berlangsung.  Marquez berhasil meraih 7 kali pole musim 2016 dengan total point 345 .

Berita Terkait

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*