Masa Kejayaan Islam di Spanyol

Islam menguasai daratan Spanyol pada abad 7 Masehi, tepatnya tahun 711 Masehi. Pada saat itu Eropa dan Spanyol masih dalam abad kegelapan.  Dengan adanya Islam datang , banyak orang-orang eropa yang non Muslim belajar di perguruan tinggi Islam.

Masa Kejayaan Islam di Spanyol melalui Enam Periode 

Periode Pertama (711-755 M)

Spanyol berada di bawah pemerintahan para wali yang di angkat oleh Khalifah Bani Ummayah yang berpusat di Damaskus. Periode pertama ini stabilitas politik di Spanyol belum tercapai dengan sempurna

Periode Kedua (755-912 M)

Spanyol berada di bawah pimpinan  bergelar amir Panglima atau Gubernur, tetapi pada saat itu belum tunduk kepada pusat pemerintahan Islam di Baghdad yang pada saat itu di pegangn oleh Khalifah Abbasiyah.

Periode Ketiga (912-1013 M)

Spanyol di perintah oleh penguasa dengan gelar Khalifah. Pada masa ini Islam mengalami era kejayaan dan keemasan, Bahkan mengalahkan kejayaan daulat Abbasiyah di Baghdad. Universitas Islam Cordoba di dirikan oleh Abd Al Rahman Al-Nasir

Periode Keempat (1013-1086 M)

Pada periode ini islam mengalami perpecahan, dikalangan internal umat islam terjadi pertikaian. Spanyol terpecah menjadi lebih dari tiga negara kecil di bawah pemerintahan raja-raja golongan.

Periode Kelima (1086-1248 M)

Meskipun terpecah menjadi beberapa negara kecil namun masih terdapat satu kekuatan yang dominan, yaitu dinasti Murabithun dan Dinasti Muwahhidun.

Periode Keenam (1248-1492 M)

Pada periode ini , islam hanya berkuasa di daerah Granada, di bawah Dinasti Ahmar (1232-1492). Peradaban kembali mengalami kemajuan seperti pada zaman an-Nasir.

sumber: Republika/Masa Emas Islam di Spanyol

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.