Membaca Alquran dari Pertengahan Surah, Apakah Membaca Bismillah Juga?

 

Saat membaca Al Quran dari awal surat kita biasanya memulainya dengan Basmalah, tapi bagaimana jika kita membaca Al Quran dari pertengahan surah, apakah kita membaca basmalah juga?

Saat membaca Al Quran dari bagian manapun kita dianjurkan dengan ta’awudz yang artinya aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk,hal ini merupakan perintah yang Allah Sebutkan dalam alquran,Allah berfirman didalam surah An Nahl Apabila kamu membaca Alquran hendaknya kamu meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk (An-Nahl:98).

Dan menurut mayoritas ulama bacaan basmallah hanya dianjurkan  ketika kita membaca Al Quran di awal surat, landasannya  adalah sebuah hadist  dari anas bin malik ra yang menyatakan “ Suatu ketika Rasulullah SAW bangun tidur sambil tersenyum,  kami pun bertanya , wahai rosulullah apa yang  membuat anda tersenyum, beliau bersabda, baru saja turun kepadaku satu surat kemudian beliau membaca Bismillahirrahmanirrahim,inna a’toina kalkautsar dan seterusnya , hadist riwayat Muslim.

Mengomentari hadist ini Imam Nawawi mengatakan seorang muslim harus membaca bismillah pada setiap awal surat kecuali surat At Taubah. Mayoritas ulama berpendapat bahwa bismillah adalah ayat khusus yang di tulis di setiap awal surat kecuali surah At Taubah.

Namun jika kita membacanya dari pertengahan surat, misalnya surah Al Baqarah langsung dari ayat 183, maka tetap boleh membaca basmallah.Tetapi jikapun membaca ta’awudz kemudian langsung membaca ayatnya  juga tidak ada larangan tentang hal itu.

Seorang ulama mengatakan di anjurkan membaca basmallah di awal surat baik ketika diluar dan di dalam sholat sebagaimana di tegaskan oleh Imam Ahmad, beliau mengatakan jangan sampai ditinggalkan.

Lalu ketika ditanya ketika membaca bismillah ditengah surat beliau menjawab tidak apa-apa dia membacanya. Khusus awal surat At Taubah tidak di anjurkan membaca Basmallah namun cukup membaca taawudz saja , ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya diantaranya adalah adanya kesepakatan oleh beberapa sahabat di jaman Ustman RA bahwa didalam musaf Ustmani tidak ada tulisan basmallah di awal surat At Taubah.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*