Musim 2018 , Pembalap MotoGP Bisa Membaca Peringatan Dari Dashboard Motor

Komisi Grand Prix MotoGP telah membuat peraturan baru yang akan di berlakukan pada musim 2018. Aturan tersebut berisi penggunaan pesan di dashboard yang bisa di akses atau di baca oleh rider bersangkutan. Aturan ini berlaku untuk kelas MotoGP dan Moto3 sedangkan untuk kelas Moto2 akan di terapkan di musim 2019.

Sebelumnya aturan ini telah menjadi perdebatan beberapa tahun lalu. Beberapa tim menyampaikan fakta bahwa penggunaan papan secara manual tidak menjamin para rider untuk mengambil keputusan secara tepat ketika terjadi sesuatu yang mengharuskan mengganti motor. Sebagaimana terjadi di seri Jerman musim lalu ketika balapan berlangsung dalam dua kondisi cuaca yang berubah secara cepat. Beberapa rider barisan depan mengabaikan peringatan yang di sampaikan oleh kru tim untuk masuk ke Pit  mengganti motornya. Berujung peluang kemenangan kejuaran sirna

Dashboard yang di gunakan pada musim 2018 nanti mampu beroperasi dalam mode Full Duplex bisa mengirim dan menerima pesan. Hingga Race Direction bisa mengirim pesan kepada seluruh pembalap ketika ada peringatan yang perlu di sampaikan.

Beberapa Tim di MotoGP sebenarnya sudah memiliki fasilitas di Dashboard mesin mereka untuk menerima pesan teks, namun fitur tersebut harus menunggu persetujuan terlebih dahulu dari komisi keselamatan.

 Dengan pesan di panel Dashboard tentu akan lebih efektif , Rider akan cepat mengambil keputusan langkah apa yang harus di ambil. Sehingga waktu tidak banyak terbuang karena dalam balapan kecepatan di lintasan dan kecepatan mengambil keputusan adalah faktor yang sangat Fundamental.

Namun  Race direction masih menggodok pesan apasaja yang harus di masukan ke dalam Dashboard

 

 

Berita Terkait

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*