Pencairan Jamsostek Melalui Bank BJB

Pencairan Jamsostek Melalui Bank BJB

Pencairan Jamsostek melalui bank BJB (Bank Jabar). Syarat-syaratnya sama dengan pencairan melalui Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan. Hanya saja karena memalui Bank BJB maka dana yang nantinya cair akan masuk ke dalam rekening BJB anda yang sebelumnya di buatkan oleh Customer Service.

Berikut Syarat-Syarat Pencairan Jamsostek Melalui Bank BJB

1.      Buku Rekening Bank BJB

Ketika anda memutuskan mencairkan dana JHT / Jamsostek melalui BJB. Maka nantinya dana tersebut akan di transfer ke rekening BJB anda. Yang sebelumnya telah terlebih dahulu di buat di kantor bank BJB. Pembuatan rekening ini gratis tidak di pungut biaya.

2.      Formulir BPJS Ketenagakerjaan

Formulir ini anda bisa mendapatkan di Jamsostek, biasanya saat kuota Formulir yang di sediakan perhari habis anda akan di berikan formulir ini dan di rekemondasikan dengan Bank BJB yang dekat dengan tempat tinggal anda. Formulir ini ada dua : Pengajuan Pembayaran Jaminan Hari Tua dan Surat Pernyataan Bermaterai

3.      Kartu BPJS Ketenagakerjaan (Asli)

Jika anda mempunyai lebih dari satu kartu karena sebelumnya bekerja di tempat yang berbeda alangkah baiknya anda lakukan penggabungan saldo. Supaya tidak ribet nantinya tidak menyita waktu , bolak –balik ke Kantor BPJS. Jika anda hanya mencairkan `10 % dana JHT hanya melampirkan fotokopi dengan menunjukan Aslinya.

Artikel bagus lainnya : Tak Perlu Shoftware Begini Cara Membuat Desain Grafis Secara Online

4.      Surat Keterangan Kerja atau Packlaring

Surat keterangan berhenti bekerja dari Perusahaan anda, untuk pencairan 100 % sedangkan jika pencairan 10 % dengan menunjukan surat keterangan Aktif Bekerja.

5.      Surat Tembusan ke Disnaker setempat

Jika anda Resign (mengundurkan diri) dari tempat kerja. Anda akan mendapatkan Packlaring dan surat pemberitahuan ke Disnaker bahwa yang bersangkutan sudah tidak aktif bekerja, Surat tembusan ini harus anda legalisir : contoh jika anda bekerja di Bogor maka surat itu harus di stempel di disnaker Bogor. Aturan ini berlaku untuk pekerja yang berhenti kerja mulai September 2015.

6.      Kartu Keluarga

Fotokopi Kartu keluarga dengan menunjukan Aslinya

Proses Pencairan  Jamsostek Melalui Bank BJB

Setelah semua formulir persyaratan semua lengkap, datang ke Bank BJB yang di rekomendasikan oleh Jamsostek yang dekat dengan tempat tinggal anda. Antri di Costumer Service jangan di teller ya. Sampaikan maksud dan tujuan anda bla..blaa.. Setelah selesai CS akan memeriksa semua berkas kelengkapan yang di butuhkan.

Jika dinyatakan lengkap anda akan di buatkan Rekening BJB. syarat tambahan pembukaan rekening adalah Kartu NPWP. Costumer service akan memberikan informasi bahwa dana akan cair paling lama 7 hari kerja. Jika dalam tempo itu belum cair, kita akan diminta ke Kantor Jamsostek tempat kita mendapatkan formulir untuk mengkonfirmasi lagi.

baca juga : Contoh Curriculum Vitae Menarik untuk melamar Kerja

                  Pencairan Jamsostek Tiga Hari Cair, Lakukan Langkah Ini !!

 

NB: Postingan ini berdasarkan pengalaman seseorang pekerja yang sedang menunggu dana JHT cair.

Update  11 Agustus 2017: Dana Jamsostek Cair ke Rekening Bank BJB kurang dari 4 Hari Kerja

Berita Terkait

Advertisements

74 Komentar

  1. Saya mencairkan BPJS ketenagakerjaan kerjaan melalui kpc Cikande dan BJB cabang kpc Cikande sudah sudah 10 tapi belum juga ada tanda tanda kalau uang saya sudah di transfer melalui rekening bank BJB ..lalu berapa hari kah uang saya akan cair.thanx .eman Riyanto.serang .banten

  2. Selamat pagi ibu .dan bapak ..saya mau tanya .berapa lama pencairan dana BPJS ketenagakerjaan kerjaan klem melalui bank BJB cabang kpc Cikande.dan kantor BPJS kcp Cikande sudah hampir 10 hari tapi belum juga ada tanda tanda pencairan ke rekening saya..yang saya tanyakan berapa lama kah ..pencairan tersebut dan saya harus kemana bila mau tanyakan ini ..thanks.eman Riyanto .serang banten

  3. gan saya mau tanya,kmren saya sdh e claim melaui bank bjb,sudah selesai dan di suruh nunggu dana cair maximal 14 hari kerja tp beberapa jam stlah klaim d bank bjb saya dpt e mail klo klaim bpjs ketenagakerjaan saya d batalkan oleh TK itu mksdnya gmn yh,jd bingungg

      • justru kmrin saya klaim nya ke bank bjb gan tp stlah itu malah dapet e mail dr bpjs ketenagakerjaan klo klaim saya d batalkan oleh TK,itu ngaruh ga kn berkas saya udh masuk k bank bjb tp dr tgl 5 smpe skrng blm cair sihh…mhon pencerahannya gan

        • sebelum klaim ke BPJS sudah melakukan e-claim? kalau ke BJB nya setelah ada email pembatalan sepertinya ndak ngaruh. di beberapa kasus e-claim sering mengalami eror gan

  4. sy mau mencairkan dana bpjs di bank BTN sekitar Kuningan jawabarat,, tp G tau cabang mana yg menerima pencairan dana bpjs..mohon info nya

  5. Saldo bpjs saya sudah 0 tgl 6 okt 2017 tapi saya cek ke bank belum ada saldo masuk. Saya juga gga di kasih ATM saat buka rekening bjb untuk klaim bpjs ,jadi kalo mau cek saldo harus bolak-balik k bank.

  6. Saldo di bpjstk saya sudah 0 dari hari senin kemarin tgl 16 okt tp sampai sekarang blm masuk ke rek bjb saya.. kemarin saya klaim melalui bank bjb.. mohon pencerahannya om..

  7. Malem gan maunanya saya sudah claim ke bank bjb sduah 1bln dana blm cair juga info 17hari sampai skr nlm masuk juga sy cek ke bpjs nya langsung ternyata danan sy sudah cair sblm tgl 17 tpi kenapa di rek masih kosong ya gan sy tannya lgi ke bang bjb info blm di tras fer dari bpjsnya mohon pencerahan gan.

      • Kok tdi saya ke bjb maslah pencairan dan bpjs, kok isi folmulir berkasnya cuman ktp dan npwp ya , saya tanya cs nya berkas hanya itu pak ??
        Iya katanya

        Tolong pencerahan

  8. Dana sdh nol d bpjs dan dr bpjs dana sdh d berikan k bjb tp hingga saat ini blm masuk2… yg sebenarny harus nunggu berapa hari hingga uang bnr2 masuk k rekening. Sejelas jelasny dong brp lama waktu yg d butuh kan? Yg sdh seminggu menunggu sdh bnrkah masuk pencairan dr bpjs k bjb?

  9. Gan mau tanya saya ngurus bpjs di cempaka mas,udah dikasih atm tapi belum dikasih buku nya dikarenakan waktu urus sedang offline.berhubung saya udah kerja belum sempat ambil buku nya tapi atm sudah ditangan saya. Apa itu langsung di proses bank? Apa nunggu buku nya saya ambil ya??

  10. Sudah 7 hari kerja knpa blum cair juga y???
    Cba TLP k BJB mlh bilang 14 hari kerja dan tunggu surat DRI BPJS, sedangkan DRI BPJS sdh cair k BJB
    Yg bener yg Mn y BJB / bpjs ????
    AP ad yg sudah cair pas 7 hari kerja???

  11. Sudah 9 hari .sabtu minggu gak di hitung .tpi bloum ada pemberitauhan uang masuk…apa bloum cair uang dri bank bjb nya.mohon inpo nya

    • apakah saldo di Jamsostek sudah 0, jika sisa saldo sudah 0, kemungkinan sudah di proses, tinggal kliring rekening.. ke bjb aja sist untuk konfirmasi

  12. Saya dari cikande kemungkinan utk sekarang2 ini saya agak lama di daerah cilandak jaksel, ada sih bank bjb disini juga.
    Pertanyaannya bisa tidak saya cairkan di bank bjb daerah jaksel sedangkan domisili saya di serang.

  13. Serem pake BJb mAh ah..Saya liat di banyak forum pada ngeluh jugs,, Ada yg 1minggu bshkan 3 bulan belum cair padahal saldo bpjsny ush 0..creepy

      • Saya liat di 3 trit..rata2 pada ngeluh..lama *KATANA* Saya jadi bingung..Saya Punya 2 kartu Klo di total 8thnn..Boleh minta Saran dong..sy coba Eklaim to blm Ada jwban pdhal udh lebih Dr 2x24jam..Apa sy klaim sy coba klaim manual via bank yh..

        • tunggu sampai 7 hari kerja.. jika belum.. konfirmasi ke Jamsostek..dan BJB . tapi biasanya dalam waktu segitu sudah di proses..

  14. Saya pengajuan dari tanggal 26 april 2018 tapi bpjs saya belum cair juga status saldo udah 0 dan status pengeklaiman tertulis ” klaim sudah siap bayar “apakah itu tandanya gan

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Pencairan Jamsostek Tiga Hari Cair, Lakukan Langkah Ini !! - paktiga.com
  2. Contoh Curriculum Vitae Menarik untuk melamar Kerja - www.paktiga.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*