Penjelasan Bank Indonesia Terkait Anggapan Rupiah Yang Baru Mirip Yuan

uang-baru-bi

Hari Senin 19 Desember kemarin Bank Indonesia meluncurkan desain  uang baru. Jumlah yang di luncurkan sebanyak 11 pecahan uang baru. Tujuh pecahan uang kertas, sedangan sisanya 4 pecahan uang logam. Uang baru pecahan uang kertas yang di keluarkan oleh Bank Indonesia mendapat banyak komentar dari para netizen .

Bahkan tak sedikit netizen menyebutkan uang kertas keluaran Bank Indonesia mirip dengan mata uang yuan , Republik Rakyat Tiongkok. jangan -jangan indonesia jadi antek Tiongkok

Menanggapi komentar yang berkembang di masyarakat, Bank Indonesia melakukan klarifikasi , BI menjelaskan desain uang baru tersebut menggambarkan semangat kesatuan Republik Indonesia

Sesuai dengan peraturan undang-undang nomor 7 Tahun 2011 tentang mata uang, yang menekankan akan pentunnya semangat kesatuan NKRI.

“Gambar pahlawan, pemandangan dan tarian menggambarkan semangat NKRI tersebut,” kata Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI, Suhaedi, Selasa (20/12/2016)

Bank Indonesia menambahkan peluncuran desain uang baru tersebut bertepatan dengan hari bela negara tanggal 19 Desember yang mempunyai tujuan untuk menunjukan semangat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

sumber :Tarbiyah.net

Berita Terkait