Dari Sapu Lidi, Ibu Ini Hasilkan Omzet 20 Juta Perbulan

sapu_lidi

Ibu Marliah dari langkat sumatera selatan mengantongi 20 juta perbulan dari hasil kerajinan sapu lidi miliknya. Siapa sangka benda yang terbuat dari bahan sepele ini bisa menghasilkan omzet yang begitu besar. Sapu lidinya terbuat dari daun kelapa sawit dan daun nipah.

Pembuatannya pun sangat mudah, hanya tinggal membersihkan bagian daun kelapa sawit dan di ambil tulang daunnya. Kemudian di jemur di bawah mentari hingga kering. Ada syarat yang di tetapkan, Karena sapu ini di jual ke negara lain, atau di ekspor. Tingkat kelembapan sapu ini tidak boleh lebih dari 30 %

Bu Marliah sudah menekuni usaha ini sejak 9 tahun yang lalu, bahan dasar sapu ini  tentu tidak sulit di temukan. Karena sumatera merupakan sentra perkebunan kelapa sawit. Sehingga bahan baku tersedia melimpah, Menurut pengakuan ibu ini dalam satu pekan Bu marliah mengirim satu kontainer ke beberapa Negara, Pakistan, Arab Saudi serta Malaysia.

Hal yang menjadi kendala adalah pada saat musim hujan, di butuhkan waktu lebih lama untuk mengeringkan sapu lidinya sehingga target pengiriman menjadi mundur. Selain itu karena pangsa pasarnya yang terbesar di negara Pakistan, hal yang menjadi kendala adalah pada saat muslim salju. pada musim ini permintaan sapu lidi bu marliah mengalami penurunan.

Semoga bisa memotivasi bagi yang sedang berwirausaha, ketekunan dan kesabaran menjadi kunci utama untuk meraih hasil yang maksimal.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*