Tokoh Puesaba Ajukan Petisi Tampilan Uang Baru dengan Gambar Cut Meutia

0

uang-baru-1000-rupiah

Sejarah Adat dan Budaya Aceh (Puesaba)  bereaksi terhadap uang baru yang di luncurkan oleh Bank Indonesia. Hal ini di latarbelakangi  oleh gambar yang tertera dalam uang baru pecahan 1000 rupiah. Dalam pecahan uang kertas 1000 rupiah itu di gambarkan sosok pahlawan asli Aceh Cut Meutia tanpa menggunakan jilbab serta memakai sanggul.

“ada pencemaran dan pembelokan sejarah terhadap pahlawan perempuan Aceh dalam penggambaran di rupiah baru, yakni Cut Meutia. Jadi ini harus direvisi dalam waktu dekat, Sejarah Adat dan Budaya Aceh) Puesaba mengajukan petisi kepada BI dan pemerintah,” kepada Ketua Konsorsium Peusaba Mawardi Usman seperti dikutip dari Jawa Pos Kamis (22/12).

Dalam pelukisan gambar Cut Meutia itu berdasarkan kepada pelukis Belanda. Di yakini tidak sesuai kenyataan dengan sejarah yang mengakar kuat dengan kehidupan muslimah di aceh. Selain itu pelukis belum pernah bertemu dengan Cut Meutia.

“bagaimana bisa kita memakai penafsiran yang salah ini dan menjadikannya patokan terhadap pahlawan muslimah Aceh yang pasti berjilbab” imbuhnya

Tuanku Warul Walidin sebagai keturunan asli kerajaan Aceh Darussalam, menyampaikan bahwa histori dan sejarah tentang pahlawan perempuan dari Aceh harus dan perlu di luruskan.

“Kami segera melakukan gerakan agar semua pahlawan perempuan Aceh ditampilkan secara Islami. jangan pernah lagi gambar Cut Nyak Dhien, Cut Meutia, dan para syuhada perempuan kita ditampilkan tanpa hijab, sebagaimana keyakinan mereka” tegas Walidin seperti dikutip Jawa Pos (22/12/16)

sumber :bersamadakwah.net/ jawapos.com

Berita Terkait

Advertisements