Ditinggal Kedua Orang Tua, Izhak Urus Sendiri 9 Adik-adiknya

Muhammad Izhak adalah pemuda berasal dari pelosok kampung di Sulawesi. Tepatnya di Dusun Tojangan, Desa Pasiang, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. walau pemuda kampung Ia tercatat sebagai mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Jurusan Teknik Kimia melalui jalur bidikmisi.

Namun langkah kuliahnya terhenti ketika kedua orang tuanya tiada, ia berhenti dari kuliah untuk mengurus sembilan adik-adiknya yang masih kecil.

Pertengahan Februari 2017 lalu ibu Muhammad Izhak meninggal dunia karena menderita tumor derektum, sementara ayahnya beberapa minggu lalu mengembuskan nafas terakhir karena penyakit tuberculosis (TBC) yang dideritanya.
Keputusannya untuk berhenti kuliah diambil sejak ibunya meninggal, karena sejak saat itu bapaknya juga sudah sakit-sakitan dan akhirnya meninggal juga tiga minggu lalu.

Ia terpaksa berhenti kuliah karena harus mengurus 9 adik-adiknya. Ibunya meninggal karena tumor, begitu pula ayahnya. Sedangkan adiknya ada 9 orang. Maka ia pulang kampung dan meninggalkan kuliahnya demi mengurus adik-adiknya dan menjadi tulang punggung keluarga.

Adiknya itu ada yang masih kelas 2 SMP, kelas 1 SMP, kelas 6 SD, bahkan ada yang masih TK, dan yang paling kecil itu masih usia 19 bulan.

Dari pihak ITB saat itu sudah mengusahakan supaya dia bisa tetap kuliah, tapi karena kondisi keluarga yang tidak memungkinkan.  Dia harus memilih tetap di kampung demi adik-adik nya. sekarang izhak mencari nafkah dengan bikin gula merah.

Kisah izhak baru viral di medsos, banyak yang tergerak akan membantu perjuangan Izhak dan adik-adiknya

sumber : Facebook/Yuni Rusmini