Ini Lho Wujud Kartu Nikah Yang Akan Menggantikan Buku Nikah

Ini Lho Wujud Kartu Nikah Yang Akan Menggantikan Buku Nikah

Akhir November 2018, Buku nikah yang selama ini di gunakan sebagai bukti sah seseorang telah menikah akan di gantikan dengan Kartu nikah. Informasi ini disampaikan oleh Dirjen Binmas Islam  Kemenag Muhammadiyah Amin.

 

Dengan bentuk sebesar dan setipis  KTP  kartu nikah berisi informasi tentang nama , nomor akta nikah, nomor perforasi buku Nikah, tempat dan tanggal nikah.

Akhir November akan di berlakukan, bagi pasangan yang menikah saat ini akan mendapatkan Buku dan Kartu Nikah, Target tahun 2020 kartu nikah akan benar-benar menggantikan peran dari buku nikah yang selama ini beredar di masyarakat.

Dalam foto yang beredar tampak kartu Nikah tersebut berbentuk Potrait persegi panjang dengan tulisan kementrian Agama dan kartu Nikah di atasnya. Di lengkapi dengan logo kemenag secara transparan.

Selain itu kartu nikah di lengkapi dengan kode QR yang berfungsi sebagai barcode terhubung dan terbaca pada aplikasi Simkah (Sistem Informasi Manajemen Nikah), menurut penuturan Amin, Hal ini untuk menghindari pemalsuan buku Nikah yang selama ini mar.

Di kota-kota besar kartu Nikah akan mulai di terbitkan contohnya di Jakarta dan secara bertahap proses itu akan meluas ke kota lainnya dan 2020 buku nikah sudah tidak di gunakan lagi

sumber:detik.com