Terjebak dalam Rongga Pohon Puluhan Tahun, Tubuh Anjing Ini tetap Utuh

Seorang penebang kayu yang bekerja The Georgia Kraft Corp  mendapati peristiwa unik. Dia melihat mayat anjing pemburu yang telah membatu terjebak di rongga pohon oak chestnut yang ditebangnya.

Anjing tersebut diperkirakan berlari ke lubang pohon tersebut pada 1960-an untuk mengejar sesuatu. Sayangnya, rongga pohon tersebut menyempit dan membuat anjing malang ini terjebak. Meski terjebak selama itu, tubuh anjing ini terawetkan secara alami.

Melihat hal ini, sang penebang tak lantas membuka pohon yang ditebangnya. Dia justru membawa batang pohon tersebut ke Southern Forest World, sebuah museum di Waycross, Georgia. Hingga saat ini, anjing tersebut masih dalam pose yang sama di batang pohon itu. Tentu kejadian langka ini menimbulkan pertanyaan, bagaimana tubuh anjing itu tetap utuh padahal tidak diawetkan.

Karena biasanya saat makhluk hidup mati, ia akan mengalami pembusukan. Kristina Killgrove, seorang antropolog biologi di University of West Florida menjelaskan bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Killgrove mengatakan bahwa hal ini mungkin terjadi karena pohon oak chestnut yang menjebak anjing malang itu seolah menjadi peti matinya.

Dikutip kompas.com, pohon oak chestnut sendiri diketahui mengandung tanin, yaitu zat yang biasanya digunakan untuk melapisi kulit binatang untuk mencegah pembusukan. Tanin adalah “pengering” alami atau bahan yang menyerap kelembapan dan mengeringkan sekitarnya. Lingkungan yang memiliki kelembapan rendah akan menghentikan aktivitas mikroba.